tips memilih kemasan

3 Tips Memilih Kemasan Baik dan Aman Bagi Kesehatan

KEMASANRETAIL.COM – Biasanya pada saat membeli suatu produk kita terfokus pada bahan makanan dan kandungan gizi didalam produk makanan tersebut. Pernahkah terpikir tentang kemasannya? Bisa jadi Anda kurang memperhatikan seperti apa kemasannya, aman tidaknya suatu kemasan. Pasalnya, tidak semua kemasan baik dan aman saat digunakan mengemas.
Pada artikel ini akan sedikit membahas tentang bagaimana cara memilih kemasan yang baik dan aman digunakan, berikut ulasannya;
Kemasan pangan adalah material khusus yang digunakan untuk melindungi makanan dari kerusakan maupun kontaminasi udara dari luar. Setiap produk makanan dan minuman yang dijual di pasaran dibungkus dengan kemasan yang berbeda-beda. Ada yang dikemas dengan plastik, kaleng, gelas, kaca, atau kertas.

Tips Memilih Kemasan Makanan yang Baik dan Aman bagi Kesehatan

Tidak semua makanan dipasaran dikemas menggunakan bahan kemasan Food Grade, seperti para pedagang kaki lima kebanyakan masih menggunakan bahan non-food grade. Food grade sendiri adalah standar untuk menguji kelayakan sebuah bahan baku yang digunakan untuk kelengkapan makanan, salah satunya material kemasan yang membungkus makanan tersebut. Ketika jenis kemasan tergolong non-food grade, ini artinya kemasan tersebut berpotensi memicu bahaya bagi kesehatan tubuh.
Simak selengkapnya tips memilih kemasan makanan yang baik dan aman sehingga terhindar dari zat-zat berbahaya bagi tubuh:
1. Kedap udara
Pastikan kemasan dalam kondisi kedap udara pada saat Anda membeli produk. Dengan kedap udara akan mencegah terjadinya proses interaksi produk dengan udara langsung, itu berarti meminimalisir kontaminasi bakteri dari luar. Makanan dan minuman yang tidak dikemas dengan benar dapat membuka peluang bagi bakteri untuk masuk dan mengontaminasi produk.
2. Kemasan tidak rusak/bocor
Perhatikan secara seksama bentuk dan kondisi fisik kemasan sebelum membeli. Jika kemasan sudah rusak, robek, atau bocor maka ada kemungkinan produk yang ada di dalamnya sudah terpapar udara di luar atau terkana paparan sinar matahari langsung. Itu tentu saja akan berpengaruh pada kondisi produk didalamnya, mulai dari rasa maupun warna bahkan kualitas produknya karena sudah terjadi interaksi dengan bebagai bakteri.
3. Biasakan memilih produk terdaftar di BPOM
Sebelum membeli makanan maupun minuman kemasan, selalu lakukan cek kemasan, label, izin edar, dan tanggal kadaluarsa. Baca: Tips Membuat Kemasan Unik dan Menarik Apa Perbedaan Kemasan Primer dan Sekunder?
Pengecekan ini berguna untuk memastikan keamanan kandungan pada makanan atau minuman sekaligus menjadi pedoman bagi Anda untuk memilih kemasan makanan dan minuman yang aman untuk kesehatan.
Ketika suatu produk memiliki nomor izin edar dari BPOM, artinya tidak hanya bahan makanan atau minuman saja yang terjamin aman, tetapi juga kemasannya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena kemasan makanan dan minuman yang sudah terdaftar pada BPOM karena BPOM senantiasa melakukan pengawasan terhadap produk makanan/minuman yang beredar di pasar.
Jika Anda seorang pengusaha makanan atau minuman, Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan kemasan yang berasal dari alam seperti daun. Dengan kreativitas mengolah kemasan yang sederhana, justru bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis kuliner yang sedang digeluti.
Demikian ulasan singkat mengenai tips memilih kemasan aman tanpa khawatir berbahaya bagi kesehatan tubuh. Semoga artikelnya bermanfaat buat rekan-rekan pengusaha, khususnya UKM. Pastikan memerhatikan kemasan sebelum memasarkan produknya agar semua pihak menikmati kebaikan produknya tanpa dihantui rasa takut dampak buruk dibalik kemasannya. Terimakasih
Gambar: https://pixabay.com free license

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Whatsapp
Hubungi Kami
Hi Kak, Selamat datang di Kemasan Retail.
Yuk order disini melalui WhatsApp...