membuat kemasan unik

6 Tips Membuat Kemasan Produk Unik dan Menarik Perhatian Konsumen

KEMASAN RETAIL – Saat kita ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang membuat produk dan bukan dalam bentuk jasa, pastinya Anda harus membuat kemasan untuk produk tersebut.
Dalam membuat kemasan produk, faktor keamanan dan kenyamanan adalah hal pertama yang harus dipastikan. Namun, untuk mendukung sebuah pemasaran, kemasan yang aman dan nyaman saja tidaklah cukup, kemasan tersebut juga harus memiliki sifat unik, agar mudah dikenali dan meninggalkan kesan mendalam bagi konsumen. Berikut ini adalah tips membuat kemasan yang unik dan menarik agar produk Anda memenangkan persaingan pasar.
1 Gunakan Desain Simpel
2 Gunakan Desain Beda dari yang lain
3 Manfaatkan Gambar Nyeleneh
4 Tambahkan Info Legalitas Perusahaan dan Produk
5 Gunakan Jenis Huruf Keren
6 Gunakan Bahan Kemasan Anti-Mainstream
Gunakan Desain Simpel
Desain menjadi salah satu fokus utama ketika hendak membuat sebuah kemasan produk untuk dijual. Kemasan simpel namun menarik lebih dilirik dibanding desain kemasan rumit yang hanya membuat mereka bingung dengan isi dari kemasan tersebut. Buatlah desain kemasan produk yang fungsional tanpa mengesampingkan segi estetika, sehingga selain memudahkan pada saat dibawa juga membuat bangga konsumen. Jadilah simpel namun unik.
Manfaatkan Gambar Nyeleneh
Salah satu cara menjadikan kemasan unik dan berbeda adalah dengan memperhatikan keunikan kemasan itu sendiri. Cobalah untuk mengadakan riset pada kompetitor produk serupa, perhatikan warna-warna yang biasa digunakan pada produk mereka dan mulailah untuk menentukan warna yang berbeda untuk produk Anda. Buatlah kemasan berwarna cerah karena akan terlihat lebih mencolok ketika dipajang di etalase toko dan menarik perhatian orang banyak.
Manfaatkan Gambar yang Menarik
Tambahkan gambar unik sedikit terkesan nyeleneh pada kemasan, sebab umumnya orang Indonesia menyukai gambar begitupun pada kemasan. Tidak ada aturan gambar kemasan harus berkaitan dengan produk didalamnya. Cobalah berpikir kreatif dalam mencantumkan gambar unik, sehingga kemasan produk tidak tampak kaku. Baca: Pabrik Kemasan Bandung Bukan Sekedar Packaging Center
Tambahkan Info Legalitas Perusahaan dan Produk
Sebaiknya cantumkan data lengkap tentang legalitas perusahaan atau produk pada kemasan. Hal tersebut tidak kalah penting diketahui calon konsumen. Contohnya legalitas dari  Badan Pengawas Obat dan Makanan, Dinas Kesehatan, maupun sertifikasi halal dari MUI. Tentu menjadi nilai tambah agar produk mudah diterima oleh pasar.
Gunakan Jenis Huruf Keren
Setelah menerapkan warna cerah dan mencolok pada kemasan, kini saatnya menambahkan informasi berguna lainnya selain legalitas. Informasi singkat padat jelas tidak kaku bisa juga ditambahkan agar konsumen mudah mengingat tulisan tersebut ketika ditulis menggunakan jenis huruf unik. Buat konsumen terngiang oleh kalimat di kemasan produk Anda.
Gunakan Bahan Kemasan Anti-Mainstream 
Saat ini banyak sekali pilihan bahan kemasan murah dan terjangkau. Mulai berpikir menggunakan kemasan kertas daur ulang bisa menjadi ide bagus yang akan membuatnya beda dari produk lain. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dengan penggunaan kemasan daur ulang. Salah satunya, produk Anda akan dikenal sebagai produk ramah lingkungan. Lalu, kemasan daur ulang cenderung memiliki harga lebih ekonomis. Kemudian, kesan unik akan langsung diterima oleh konsumen karena menggunakan bahan kemasan berbeda pada umumnya.
Demikian ulasan singkat tentang Tips Membuat Kemasan Produk Unik dan Menarik sebagai referensi bagi Anda pengusaha terutama UKM. Dari poin-poin diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa kemasan unik dan menarik akan bisa mendongkrak produk dipasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Whatsapp
Hubungi Kami
Hi Kak, Selamat datang di Kemasan Retail.
Yuk order disini melalui WhatsApp...