desain kemasan kopi

Desain Kemasan Kopi Paling Banyak Dicari

Desain Kemasan Kopi Paling Banyak Dicari Pemilik Produk UKM

Mempertimbangkan detail kemasan untuk produk kopi adalah hal yang sangat penting. Kopi memang termasuk salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi setiap hari. Namun, untuk sudut pandang bisnis, kemasan kopi memegang peranan yang sangat penting dalam alur bisnis yang akan dijalani.
Tidak dimungkiri memang bahwa kemasan seolah memiliki daya magis yang cukup kuat. Dengan kemasan yang tepat, maka konsumen akan tertarik dengan produk kopi yang ditawarkan untuk kemudian tertarik dengan produk tersebut dan membelinya.
Ini adalah salah satu fakta yang sangat menarik. Tentu, sebagai produsen kopi, maka Anda harus memperhatikan hal-hal tentang kemasan kopi tersebut dengan detail.

Beragam Cara Pengemasan Kopi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kemasan kopi dan juga beberapa contoh desain kemasan yang tersedia di pasaran, ada beberapa informasi menarik untuk diketahui. Hal tersebut adalah beberapa cara tentang pengemasan kopi.
Ternyata, ada beberapa cara pengemasan kopi yang tersedia dan biasanya diaplikasikan oleh para produsen kopi. Pengetahuan mengenai cara pengemasan kopi ini cukup penting karena akan menambah wawasan Anda.
Selain itu, pengetahuan tentang cara pengemasan kopi juga akan berpengaruh tentang apa jenis kemasan yang nantinya akan Anda pilih lalu bagaimana budget untuk kemasan tadi. Nah, beberapa cara pengemasan kopi yang sering diaplikasikan adalah sebagai berikut.
1) Unsealed Craft Packaging
Unsealed craft packaging adalah pengemasan kopi dengan tidak menggunakan segel. Jenis pengemasan ini bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk pengemasan kopi yang cukup simple. Sebagaimana namanya, dalam pengemasan ini, maka kopi akan dikemas kemudian diberi penutup saja.
Teknik pengemasan ini akan menggunakan kantong kertas dengan bahan grease proof. Bahan ini cenderung baik dan bisa diandalkan untuk menyekat minyak kopi. Selain itu, bahan ini juga sudah food grade sehingga sangat aman untuk digunakan.
Lalu, bagaimana cara mengemas dengan teknik ini? Sebagaimana disinggung di awal, untuk pengemasan ini, kopi akan ditimbang dan kemudian dimasukkan ke dalam wadah kertas tadi. Setelah itu, diberi perekat atau tutup yang biasanya merupakan informasi tentang kopi tadi.
Roaster kopi memilih jenis pengemasan ini karena beberapa hal, seperti kopi yang dikemas adalah kopi yang prosesnya sudah selesai atau bisa dikatakan kopi yang siap seduh. Selain itu, alasan lain biasanya adalah jenis kemasan ini ditujukan pada penggemar kopi yang sudah memiliki wadah sendiri sehingga nantinya kopi akan dituang dari kemasan ke wadah tersebut.
2) Sealed Foil Packaging
Jenis pengemasan kopi yang lainnya adalah sealed foil packaging atau kemasan dengan segel yang memiliki lapisan foil. Bisa dikatakan bahwa kemasan kopi jenis ini adalah bentuk pengemasan kopi yang paling banyak digunakan dan tersedia di pasaran.
Untuk detail kemasan kopi ini, kopi yang sudah dimasak akan dimasukkan ke dalam kantong kemasan yang memiliki fitur triple-ply. Biasanya, kopi tersebut akan langsung disegel setelah biji kopi dimasukkan karena adanya zipper atau penyegel lain dari kemasan.
Dengan demikian, maka tidak akan ada udara yang masuk ke dalam kemasan sehingga aroma kopi akan cenderung terjaga. Selain itu, kemasan tersebut juga dilengkapi dengan lubang ventilasi. Adanya lubang ini akan membuat karbondioksida dari dalam kemasan untuk mempertahankan cita rasa dan aroma dari kopi tersebut.
3) Gas-Flushed Sealed Foil Packaging
Gas-flushed sealed foil packaging atau kemasan dengan segel dan kedap udara adalah jenis pengemasan kopi lain yang juga diterapkan. Secara umum, jenis pengemasan ini sama atau minimal mirip dengan jenis pengemasan sebelumnya.
Hanya saja, pada pengemasan ini, kemasan kopi akan mengalami proses vakum untuk menghilangkan udara yang ada di dalam kemasan kopi tersebut. Perlu diketahui, udara –oksigen, yang ada di dalam kemasan kopi akan mampu merusak cita rasa kopi dan membuat kopi cenderung cepat basi.
Oleh karenanya, dengan teknik kedap udara ini, maka mutu kopi akan cenderung terjaga. Hanya saja, teknik pengemasan ini cenderung tidak banyak dipilih. Hal ini dikarenakan adanya pertimbangan mengenai harga pengemasan yang lebih mahal dan juga beberapa alat yang banyak untuk digunakan.

Ide Desain Kemasan Kopi Untuk Inspirasi

Sebagaimana diketahui, kemasan kopi memegang peranan penting untuk membangun brand atau kesan dari sebuah produk kopi. Dengan kemasan yang baik, maka akan ada daya tarik tersendiri dari calon konsumen untuk membeli produk kopi tersebut. Itulah kenapa membuat desain kemasan menjadi hal yang sangat penting.
Berbincang tentang kemasan, ada banyak ide desain kemasan untuk kopi yang bisa dijadikan pertimbangan. Nah, beberapa poin di bawah ini akan menyebutkan beberapa ide desain kemasan kopi dengan sedikit pembahasannya untuk memberikan Anda inspirasi.
Beberapa ide desain kemasan produk kopi yang menarik tersebut adalah sebagai berikut.
1) Target’s Archer Farms Redesign
Target’s Archer Farms Redesign adalah salah satu ide kemasan produk kopi yang sangat menarik. Ini adalah ide kemasan yang bisa dikatakan cukup eksklusif dan elegan. Apa yang menarik dari desain kemasan ini adalah penggunaan gambar dengan tema pedesaan dan alam sehingga ada kesan natura yang dibangun.
Selain itu, kombinasi gambar dengan warna kemasan yang hitam pekat membangun sebuah kontras yang begitu kentara. Nah, kemasan ini juga memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai jenis kopi tersebut dan bagaimana karakter dari kopi yang dikemas tadi.
2) Coffee Inn Coffee
Coffee Inn Coffee adalah salah satu produk kopi dengan kemasan yang unik dan sangat menarik. Apa yang menjadi highlight dari kemasan ini adalah warna dasar dari kemasan tersebut. Ya, Coffee Inn Coffee menggunakan warna biru muda sebagai warna dasar. Bisa dikatakan bahwa biru muda bukanlah warna yang familiar untuk kopi.
Hal ini cukup wajar karena biji kopi memiliki warna hitam, sehingga kebanyakan kemasan menggunakan warna gelap. Nah, Coffee Inn Coffee menggunakan warna biru muda untuk menciptakan kesan yang berbeda.
Selain warna kemasan yang cenderung mencolok, ada desain kemasan yang menarik berupa motif abstrak yang menggambarkan suasana latin yang begitu kental. Selain itu, ada informasi lengkap mengenai jenis kopi yang dikemas sehingga konsumen bisa menemukan kopi yang mereka inginkan dengan tepat.
3) Atomic Coffee
Atomic Coffee menawarkan konsep kemasan produk kopi yang sangat simple. Namun, meskipun simple, kemasan kopi ini bisa dikatakan sangat menarik dan elegan. Highlight dari kemasan produk kopi ini adalah paduan warna cokelat keemasan di bagian samping dan bawah dengan warna hitam doff di bagian depan dan belakang.
Kombinasi dua warna yang unik ini menghasilkan sebuah kemasan yang elegan dan begitu klasik. Terlebih, pada bagian depan kemasan tidak ada desain yang terlalu ramai. Ya, hanya ada tulisan Atomic saja pada bagian depan kemasan tersebut yang membuatnya sangat elegan.
4) Cafe Royal
Cafe Royal adalah produk kopi yang menggunakan jenis kemasan gelas dengan tutup. Produk ini memang menyajikan produk kopi siap saji yang bisa langsung diminum. Jika dilihat dari kemasan yang digunakan, maka ada daya tarik dan keunikan tersendiri yang ditampilkan.
Secara umum, Cafe Royal menggunakan cup dengan warna hitam doff yang pekat. Nah, apa yang menarik dari kemasan ini adalah adanya gambar singa dengan berbeda-beda pose yang menjelaskan detail serta karakteristik dari kopi yang disajikan tersebut.
Selain itu, kemasan jua menggunakan kombinasi warna yang tidak biasa sebagai bentuk identitas dari produk kopi yang disajikan. Misalnya, untuk variasi Cafe Royal classic, kombinasi warna yang digunakan adalah hitam dan ungu sedangkan untuk variasi caramel menggunakan paduan warna hitam doff dan kuning emas.
5) Paradise
Paradise adalah salah satu produk kopi yang sangat istimewa jika dilihat dari kemasan yang digunakan. Apa yang menarik dari kemasan yang digunakan untuk kopi ini adalah adanya gambar bulan dengan beberapa posisi yang berbeda untuk gambaran kepekatan dari kopi yang dihadirkan.
Bulan yang berbeda tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi para konsumen untuk mengecek karakteristik kopi yang diinginkan. Sebagai contoh, ada gambar bulan separuh kecil untuk variasi kopi kelas bar. Sedangkan untuk variasi kopi prima, ada gambar bulan penuh.

Tips Membuat Kemasan Kopi yang Tepat

Beberapa ide tentang kemasan produk kopi di atas tentu bisa memberikan inspirasi untuk Anda mengenai detail dari kemasan yang akan digunakan. Adanya banyak ide tentu akan membuat Anda lebih bebas dan leluasa untuk memilih mana konsep kemasan yang cocok untuk diterapkan.
Namun, untuk mendapatkan kemasan produk kopi yang tepat, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda ketahui. Nah, beberapa tips untuk membuat kemasan produk kopi yang tepat tersebut adalah sebagai berikut.
1) Pilih Jenis Kemasan
Untuk membuat kemasan produk kopi yang tepat, maka pilih jenis kemasan terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa ada cukup banyak jenis kemasan yang tersedia di pasaran dan bisa dipilih. Dengan memilih jenis kemasan yang tepat, tentu saja Anda akan bisa mengemas kopi dengan maksimal.
Dari beberapa penjelasan di atas, minimal ada bahan yang berbeda pada produk kemasan produk kopi, yaitu kertas, aluminium foil ataupun plastik. Beberapa jenis bahan ini memberikan karakteristik yang berbeda-beda sehingga perlu dipertimbangkan lebih lanjut.
2) Buat Desain yang Menarik
Desain memegang peranan yang sangat penting dalam pembuatan kemasan produk kopi. Di atas ada cukup banyak inspirasi mengenai kemasan produk kopi yang bisa Anda terapkan untuk produk kopi Anda.
Nah, perhatikan beberapa contoh tersebut dan temukan ide desain dari sana. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih desain kemasan produk kopi tersebut, seperti gambar yang sesuai produk, warna yang pas dan lainnya.
3) Berikan Informasi yang Tepat
Konsumen membutuhkan informasi untuk dibaca sebelum membeli kopi. Oleh karena itu, saat hendak membuat kemasan produk kopi, maka Anda harus menambahkan informasi yang tepat pada detail kemasan tersebut.
Memang, Anda tidak perlu menuliskan kandungan kopi secara rinci. Minimal, tuliskan jenis kopi yang dikemas, karakter kopi, tingkat roasting dan juga berat dari kopi tersebut.
Demikian beberapa ulasan mengenai kemasan kopi dan ide desain yang bisa Anda terapkan. Dengan fungsinya yang cukup penting, membuat kemasan produk kopi yang tepat adalah suatu keharusan demi bisnis yang lebih lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Whatsapp
Hubungi Kami
Hi Kak, Selamat datang di Kemasan Retail.
Yuk order disini melalui WhatsApp...