tips repacking snack

7 Tips Memulai Bisnis Snack Dalam Sebulan

KEMASANRETAIL.COM – Tidak ada salahnya mencoba buka usaha sendiri, terlebih bidang makanan ringan (snack) kesayangan keluarga. Yap, bisnis kuliner (cemilan) memang salah satu bidang usaha yang memiliki peluang besar berhasil. Pasalnya, kebiasaan orang Indonesia memang suka makan makanan ringan diberbagai kesempatan.
 
Jika kebanyakan usaha kuliner membutuhkan biaya besar, maka berbeda dengan bisnis satu ini karen hanya membutuhkan modal awal relatif kecil yaitu bisnis mengemas ulang (repacking) snack. Belum banyak orang tahu bahwa bisnis ini cukup menjanjikan keuntungan besar dan menjanjikan hanya dengan modal kecil.

 
Jika dibahasakan ke bahasa Indonesia SNACK disebut camilan merupakan makanan ringan yang selalu diminati oleh hampir setiap orang sebagai teman untuk menambah asyik kegiatan santai seperti menonton TV, membaca buku atau mengetik di komputer. Hal ini membuat bisnis pengemasan ulang aneka cemilan memiliki potensi laris dipasaran yang cukup besar.
 

Cara Bisnis Re-packing Makanan Ringan Mudah dan Murah untuk Pemula

 
Bagi anda yang ingin memulai bisnis ini, berikut daftar cara bisnis repacking snack yang perlu anda ketahui:
 
1. Mengamati Segemntasi Pasar
 
Dalam bisnis apapun proses satu ini tidak bisa tidak untuk dilakukan. Ya, mengamati pasar. Amati pasar sebelum memulai terjun dalam bisnis repacking snack (pengemasan ulang cemilan) agar mengetahui gambaran kasarnya kemana produk itu akan dipasarkan.
 
Salah satunya amati cemilan apa yang sedang digemari kebanyakan orang. Kemudian, amatilah harga pasaran dari snack (makanan ringan) yang tengah beredar di pasaran baik yang ada di pasar tradisional, toko swalayan, warung, bahkan minimarket guna mendapatkan informasi akurat.
 
2. Jenis Cemilan yang Akan Dijual
Tentukan jenis cemilan sebelum memulai berjualan. Dari hasil pengamatan poin pertama tadi akan mendapatkan banyak sekali referensi dan membuat Anda bingung menentukan. Tapi, Anda harus menentukan satu atau dua jenis kategori snack/cemilan. Itu akan memudahkan dalam pendistribusian produk ke pasaran.

 
3. Buat Brand Anda Sendiri
Membuat brand sendiri memang gampang-gampang susah, terlebih dipasaran sudah banyak sekali produk sejenis beredar. Namun, tak ada kata tidak mungkin bagi seorang pengusaha selagi diusahakan cobalah menuangkan ide-ide kreatif berawal dari apa yang ada dibenak Anda. Jangan takut mencoba untuk membuat branding karena segala sesuatunya butuh proses termasuk dalam bisnis. Berproseslah hingga berhasil!
Membuat nama brand unik dan mudah diingat agar pelanggan dapat dengan mudah kembali menemukan produk Anda dipasaran. Hal ini juga akan memudahkan pada saat mengenalkan (promosi) produk pertama kali sehingga dikenali banyak orang.
 
4. Buat Kemasan Semenarik Mungkin
Kemasan menarik, unik, dan berkualitas selain nyaman untuk dipandang juga akan menambah citra prositif pada produk dagangan dipasaran. Kebiasaan konsumen akan lebih kepincut oleh kemasan menarik dan berkualitas ketimbang kemasan asal-asalan. Walau dari segi biaya akan lebih mahal, namun tenang saja karena harga jualnyapun akan tinggi. Konsumen cukup cerdas menentukan produk mana yang berkualitas berawal dari tampilan kemasannya. Dan harga bukan masalah selama sebanding dengan kualitas dan kepuasan yang didapatkan konsumen.

 
5. Temukan Supplier Tetap
Produk baru tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk diterima oleh pasar. Namun, justru disanalah tantangan bagi sebagian pengusaha pemula, sekuat apa mental menekuni suatu bisnis kuliner semacam aneka snack. Satu kesulitan berikutnya adalah menentukan supplier tetap produk Anda.
 
Temukan penyuplai tetap akan membantu kelancaran pendistribusian produk, baik itu ke toko kelontongan maupun ke minimarket tertentu. Sebab, mereka akan lebih mengutamakan produk yang selalu tersedia jika memang nantinya mudah diserap pasar.

Baca:

7 Fungsi Kemasan Produk untuk Bisnis Lebih Menguntungkan

 
Tidak ada salahnya menawarkan produk Anda ke toko-toko terdekat dengan sistem titip. Jika belum berhasil kepada salah satu toko atau swalayan, maka janganlah berpikir bahwa di toko atau swalayan yang lain juga tidak ada kesempatan. Teruslah mencoba hingga akhirnya produk Anda diterima dan diminati pasar. Jangan menyerah!
 
6. Perbanyak Jenis Produk
Agar anda dapat mengetahui dengan pasti dan memiliki pengalaman tentang produk apa saja yang diminati pasaran maka anda dapat melakukannya dengan memperbanyak jenis produk yang anda tawarkan. Selain dapat memperbanyak jenis produk dengan cara repacking (mengemas ulang) produk dengan berbagai ukuran, anda juga dapat berkreasi dengan me-repacking (mengemas ulang) produk dengan berbagai jenis dan rasa produk.
 
Cobalah untuk repacking (mengemas ulang) snack (makanan ringan) dari berbagai jenis seperti biskuit, kacang, wafer, minuman susu, dan lain sebagainya. Disamping jenis produk, untuk menguasai pasar, pebisnis kuliner juga harus berkreasi pada rasa dari produk. Anda dapat me-repacking (mengemas ulang) snack (makanan ringan) dalam satu kemasan dengan berbagai rasa yang berbeda. Beranilah untuk mencoba dalam hal ini, meskipun terlihat gila namun tidak salahnya jika dicoba. cobalah menggunakan mesin mesin otomatis untuk memperbanyak produksi mu bisa baca disini
 
7. Jualan Online
Sekarang bisa jualan apa saja via online termasuk jualan snack online. Contohnya sosial media Facebook telah menyediakan fitur Fanpage (Halaman Bisnis) diperuntukkan seorang pebisnis seperti Anda dalam mempromosikan produk online melalui sosial media. Dengan begitu akan semakin banyak orang terjangkau oleh brand produk Anda. Sehingga kemungkinan orang membelinya akan semakin besar pula.
 
Buatlah akun sosial media tersendiri untuk mempromosikan dan menjual produk snack hasil repacking (mengemas ulang) milik anda. Selalu bedakan akun bisnis sosial media dengan akun pribadi agar lebih profesional.
 
Demikian ulasan singkat mengenai 7 Tips Memulai Bisnis Snack dalam Sebulan yang bisa mimin Kemasan Retail sampaikan. Semoga poin-poin memulai usaha snack tersebut diatas bermanfaat bagi Anda dan berdampak baik pada penjualan produk hingga laris dipasaran. Sampai jumpa dilain kesempatan dengan tips-tips memulai bisnis untuk pemula berikutnya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Whatsapp
Hubungi Kami
Hi Kak, Selamat datang di Kemasan Retail.
Yuk order disini melalui WhatsApp...