tips memilih kemasan

Fungsi Kemasan Produk Makanan yang Wajib Anda Ketahui

Fungsi Kemasan Produk Makanan yang Wajib Anda Ketahui

 
KEMASAN RETAIL – Kemasan secara umum bisa dikatakan sebagai bagin terluar dari suatu produk dengan maksud melindungi produk tersebut dari hantaman cuaca, guncangan, dan benturan-benturan terhadap benda lain. Setiap bentuk barang yang membungkus suatu benda di dalamnya dapat disebut dengan packaging atau kemasan sejauh hal tersebut memang melindungi isinya.
 
Untuk menampilkan image dan pandangan terhadap suatu isi produk, maka kemasan biasanya dibentuk atau di desain sedemikian rupa, sehingga pesan yang akan disampaikan akan dapat ditangkap oleh pemakai produk dengan baik. Selain untuk menampilkan pandangan yang baik, kemasan juga memiliki fungsi yang beragam.
 

Beberapa Fungsi Utama Kemasan Makanan

 
Fungsi utama kemasan adalah untuk membungkus dan melindungi produk dari kerusakan-kerusakan, sehingga lebih mudah disimpan, diangkut, dan dipasarkan. Secara umum fungsi kemasan adalah sebagai berikut;
 
1. Membungkus produk selama distribusi dari produsen hingga ke konsumen, agar produk tidak tercecer, terutama untuk cairan, pasta, atau butiran.
 
2. Melindungi dan mengawetkan produk, seperti melindungi dari sinar matahari langsung, panas, kelembapan udara, oksigen, benturan, kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk.
 
3. Sebagai identitas produk, dalam hal ini kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada kemasan.
 
4. Meningkatkan efisiensi, misalnya memudahkan penghitungan (satu kemasan berisi 10, 1 lusin, 1 kodi dan sebagainya), sehingga memudahkan pengiriman, penyimpanan, dan penghitungan. Tentu saja ini sangat penting dalam dunia perdagangan produk apapun itu.
 
 
5. Melindungi pengaruh buruk dari luar, Melindungi pengaruh buruk dari produk di dalamnya, misalnya jika produk yang dikemas berupa produk yang berbau tajam, atau produk berbahaya seperti air keras, gas beracun dan produk yang dapat menularkan warna, maka dengan mengemas produk ini dapat melindungi produk-produk lain di sekitarnya.
 
6. Memperluas pemakaian dan pemasaran produk, misalnya penjualan kecap dan sirup mengalami peningkatan sebagai akibat dari penggunaan kemasan botol plastik.
 
7. Memberikan nilai yang berbeda dari produk serupa sehingga dapat meningkatkan daya tarik calon pembeli.
 
8. Sebagai media informasi dan promosi, di mana dalam kemasan Anda bisa menambahkan alamat website, media sodial, dan lain sebagainya.
 
Demikianlah ulasan singkat mengenai Fungsi Kemasan Produk Makanan yang harus diketahu oleh pelaku usaha. Dengan wawasan luas, harapannya usaha semakin berkembang dan profesional sehingga mampu menjawab tantangan persaingan yang semakin ketat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda para pengusaha sukses di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Whatsapp
Hubungi Kami
Hi Kak, Selamat datang di Kemasan Retail.
Yuk order disini melalui WhatsApp...