kemasan primer adalah

Perbedaan Kemasan Primer dan Kemasan Sekunder

Perbedaan Kemasan Primer dan Kemasan Sekunder – Kemasan dalam packaging produk, mempunyai 3 kategori, yaitu Primer, Sekunder, dan Tersier. Tapi, yang paling banyak digunakan dalam proses pengemasan produk hanya 2, yaitu Primer dan Sekunder.

Nah, apa sih perbedaan dari kemasan produk Primer, dan produk Sekunder?

Kemasan Produk Primer

Kemasan produk primer adalah kemasan yang langsung kontak langsung dengan produk, dan relatif kecil atau biasa disebut kemasan eceran. Seperti botol, karton, kaleng, dan lain sebagainya. Karton, sebenarnya termasuk ke dalam golongan sekunder, namun, pada produk tertentu. Karton masuk ke dalam primer.

Kemasan Primer dan Sekunder

Contoh lain dalam kemasan produk primer adalah, kantong plastik ¼ yang biasa di pakai untuk gula atau jajanan kripik, gelas plastik yang langsung kontak langsung dengan air, dan lain sebagainya. Jenis ini memiliki beberapa fungsi, yang berfungi melindungi produk, menjaga produk tetap awet, dan hal yang paling penting adalah untuk memberikan kesan tertarikan konsumen  untuk membeli produk.

Kemasan Produk Sekunder


Untuk kemasan sekunder sendiri memiliki pengertian sebagai tipe kedua, yang berisi dari sejumlah produk dan termasuk dalam kemasan primer.  Yang artinya, kemasan ini tidak berhubungan langsung dengan produk, dan ini biasa disebut dengan secondary packaging atau istilah lainnya disebut support packaging.

Jenis Kemasan Primer dan Sekunder


Kemasan
ini juga sebagai tempat penyimpanan saat produk berada di dalam gudang. Selain itu, dengan adanya jenis kemasan ini, produk akan tetap aman saat dalam transportasi agar produk tidak mengalami kecacatan atau rusak ketika sampai di tempat tujuan. Bahan yang dipakai untuk jenis ini biasanya kardus, plastik, tatakan, dan lain sebagainya. Kemasan yang di pakai, biasanya menyesuaikan dengan kemasan.

Baca: Jasa Filling Sachet untuk Kemasan Produk Makanan

Udate:
Kemasan Tersier

Kemasan tersier adalah kemasan bagian terluar yang berfungsi sebagai wadah dan pelindung bagi kemasan sekunder dalam pengiriman produk terutama untuk jarak jauh seperti pengiriman ke pasar internasional.

Contoh kemasan tersier; kotak kayu, cardboard dan kontainer (box). Belakangan, kontainer menjadi kemasan terluar paling populer untuk pengiriman dengan transportasi jarak jauh.

Nah, itu dia perbedaan antara kemasan primer dan sekunder, perbedaan pemakaian tipe ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan produk. Seperti lecek, rusak, koyak, tergores atau hal yang tidak di inginkan lainnya. Selain itu, dengan adanya dua tipe ini, yaitu untuk mempermudah para distrubutor dalam mengirim produk ke suplier atau konsumen.

Untuk solusi kemasan plastik anda bisa mengunjungi kami di marketplace berikut:

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Whatsapp
Hubungi Kami
Hi Kak, Selamat datang di Kemasan Retail.
Yuk order disini melalui WhatsApp...