ilustrasi kemasan plastik

Benarkah Kemasan Plastik Lebih Baik dari Bahan Lain?

KEMASAN RETAIL | Pusat Kemasan Terlengkap – Berbagai produk makanan dan minuman banyak yang menggunakan kemasan plastik sebagai wadahnya. Selain harganya yang terjangkau dan mudah di dapatkan, pemilihan plastik sebagai pembungkus produk di nilai lebih praktis.
benarkah kemasan plastik lebih baik
plastik kemasan lebih baik dari bahan lain?
Belakangan banyak pihak yang mempertanyakan keamanan produk plastik yang digunakan sebagai kemasan makanan. Apakah penggunaan plastik sebagai wadah makanan bisa memberikan efek yang buruk bagi kesehatan? Jika iya, bagaimana cara agar produk yang Anda beli tidak terkontaminasi dengan kandungan buruk kemasan plastik?

Kemasan Plastik dan Kesehatan Konsumen

Terdapat beberapa kandungan di dalam plastik yang membuatnya terlihat jernih, tidak mudah koyak, namun tetap fleksibel, yakni BPA dan phthalate. Keamanan atas penggunaan BPA mulai banyak di pertanyakan setelah banyak riset yang membuktikan bahwa ia merupakan bahan yang berbahaya.
 
Kemasan plastik yang mengandung BPA bisa membuat tubuh mengira bahwa kedua bahan kimia yang disebutkan sebelumnya merupakan hormon esterogen. Kesalahan tubuh ini membuat BPA dan phthalate mempengaruhi kinerja hormon dalam proses metabolisme.
 
Ketika kedua bahan kimia tersebut menumpuk di dalam tubuh, maka proses pertumbuhan manusia akan terganggu. Sebab BPA maupun phthalate tidak mengandung nutrisi sama sekali. Selain buruk untuk tubuh, ia juga bisa mempengaruhi regenerasi sel, menganggu perkembangan janin, serta mengakibatkan masalh reproduksi.

Baca: Kegunaan Kemasan Sachet Metalized

Akan tetapi semua bahaya tersebut belum terlaporkan dari kasus kesehatan manusia. Selama ini pengujian dilakukan pada hewan pengerat yang menggunakan kemasan plastik dengan kandungan BPA tinggi sebagai wadah makanan, atau menyuntikkan bahan kimia tersebut di dalam tubuhnya.

Kemasan Plastik yang Aman untuk Tubuh Manusia

Walaupun bahaya penggunaan kemasan plastik cukup besar, ini tidak membuat produksi dan distribusi produk menggunakan bahan-bahan lain yang lebih aman. Plastik di pilih sebagai solusi untuk menekan biaya produksi.
Terdapat beberapa jenis plastik yang aman digunakan sebagai pembungkus makanan. Jenis plastik ini dinilai lebih rendah kandungan BPA-nya, sehingga aman untuk kesehatan manusia. Berikut merupakan beberapa pilihan plastik yang bisa Anda gunakan sebagai pembungkus produk Anda.
 
a. PET
Jenis kemasan plastik ini tidak mengandung BPA ataupun phthalate dalam proses pembuatannya. Namun jenis plastik ini hanya boleh di gunakan satu kali saja, sebab terdapat karsinogen yang bisa memicu kanker.
 
b. Polivinil Klorida
Jenis plastik selanjutnya memiliki ciri dengan simbol V di bungkusnya, terdapat banyak phthalate di plastik ini, sehingga Anda harus bijak untuk mengolah makanan yang ada di dalamnya, karena rata-ata plastik ini digunakan untuk membungkus produk non-pangan.
 
c. Polikarbonat
Disingkat dengan simbol PC, jenis kemasan plastik ini familiar digunakan sebagai bahan pembuatan galon minuman. Hindari menggunakan produk ini secara berulang karena kandungan BPA-nya cukup tinggi.
 
Sebelum membeli pastikan jenis kemasan plastik produk Anda aman untuk digunakan. Hindari menggunakan wadah produk plastik secara berulang untuk terhindar dari berbagai penyakit.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Whatsapp
Hubungi Kami
Hi Kak, Selamat datang di Kemasan Retail.
Yuk order disini melalui WhatsApp...