Kemasan Daur Ulang, Kenapa Tidak?

KEMASAN RETAIL | Pusat Kemasan Terlengkap – Penggunaan kemasan daur ulang sekarang ini memang sedang digalakkan. Hal ini sejalan dengan program pemerintah tentang upaya pelestarian lingkungan dengan memanfaatkan sampah menjadi barang produksi baru dengan cara daur ulang. Dan hal ini sudah diberlalukan di semua bidang, termasuk dalam hal ini adalah penggunaan kemasan daur ulang untuk produk makanan.
Yang dimaksud dengan kemasan daur ulang itu sendiri adalah penggunaan kemasan dengan menggunakan bahan-bahan yang didapat dari pengolahan bahan bekas atau sampah. Bahan bekas atau sampah yang biasa diolah lagi biasanya yang berasal dari bahan plastik dan juga kertas. Bahan sampah ini bisa didapatkan dari para pemulung dan bisa juga dari sampah sisa produksi dari pabrik.

Alasan penggunaan kemasan daur ulang

Seperti sudah disinggung di atas, penggunaan kemasan daur ulang ini adalah dalam rangka ikut mendukung program pelestarian lingkungan. Dimana sekarang ini masalah sampah sudah menjadi permasalahan nasional yang tidak pernah ada habisnya. Bahkan keberadaan sampah sudah sangat mengancam kelestarian lingkungan alam. Apalagi sampah berbahan plastik yang tidak bisa diurai oleh alam.
Alasan penggunaan kemasan daur ulang yang lainnya adalah sebagai upaya penghematan. Untuk sebuah usaha produksi, prinsip ekonomi juga diterapkan, dimana dengan biaya sekecil-kecilnya, bisa mendapatkan hasil sebesar-besarnya. Dengan penggunaan kemasan berasal dari bahan daur ulang, bisa memangkas biaya produksi, karena harga kemasan daur ulang cenderung lebih murah. Baca: Kemasan Plastik Lebih Baik dari Bahan Lain?

Keuntungan menggunakan kemasan daur ulang

Kemasan daur ulang sudah  digunakan dalam hampir semua produk industri. Terutama adalah untuk kemasan produk makanan. Ada beberapa alasan mengapa kemasan ini banyak dipilih para produsen untuk mengemas hasil produksinya. Diantaranya adalah.
1. Lebih murah
Karena berbahan dasar barang hasil daur ulang, maka kemasan daut ulang memiliki harga yang lebih murah dibanding kemasan lainnya. Tentu saja hal ini sangat sesuai bagi para produsen yang ingin mendapatkan keuntungan dari hasil produksinya. Karena sesuai dengan prinsip ekonomi, dengan pengeluaran sedikit, bisa mendapatkan keuntungan maksimal.
2. Mudah didapat
Bahan kemasan daur ulang mudah sekali didapatkan. Karena sekarang ini banyak sekali usaha yang mengolah sekaligus memproduksi kemasan berbahan dari barang daur ulang. Sehingga produsen tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya.
3. Bisa dibentuk sesuai dengan keinginan
Memakai kemasan daur ulang untuk produksi, bisa dusesuaikan dengan keinginan produsen. Sehingga di sini produsen bisa memilih kemasan yang sesuai dengan barang produksi yang akan dikemasnya. Baik dalam hal ukuran, berat, maupun besarnya, bisa disesuaikan.
Memakai kemasan daur ulang memang bisa membawa keuntungan. Baik bagi produsen yang akan menggunakan untuk mengemas hasil produksinya, maupun bagi usaha yang mengolah dan memproduksi barang bekas menjadi kemasan daur ulang. Sebuah usaha yang saling menguntungkan. Jadi, memakai kemasan daur ulang, mengapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp
Hubungi Kami
Hi Kak, Selamat datang di Kemasan Retail.
Yuk order disini melalui WhatsApp...